Monday 6 May 2013

Makanan Penderita Arthritis

Penyakit radang sendi dibagi ke dalam dua macam yang diantaranya osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (rematik), kedua jenis radang sendi ini merupakan penyakit radang sendi yang sering diderita oleh kebanyakan masyarakat, hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari mereka sangat tidak terkontrol yang disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai jenis-jenis makanan yang sehat agar tidak terserang oleh penyakit radang sendi atau arthritis. Untuk memecahkan masalah tersebut pada artikel ini akan dibahas mengenai “Makanan Sehat Bagi Penderita Arthritis”.

Pada artikel yang sebelumnya pernah saya bahas mengenai penyebab penyakit radang sendi yang mana pada kesempatan ini saya akan menambahkan penjelasan mengenai penyebab radang sendi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Gout juga merupakan jenis penyakit yang berhubungan erat dengan penyakit radang sendi, gout merupakan jenis penyakit rematik yang memiliki jumlah penderita yang sangat banyak. penyakit Gout disebabkan karena adanya penumpukan zat purin, zat buang hasil metabolisme zat purin yang terlalu berlebihan sehingga tidak dapat dibuang melalui urin yang akhirnya menyebabkan zat sisa purin tersebut tersebar kesejumlah rongga pada bagian persendian, penumpukan zat purin pada bagian persendian lama kelamaan akan berubah menjadi keras seperti karang, zat purin yang mengeras inilah yang menyebabkan timbulnya peradangan pada bagian sendi manusia.

Zat purin merupakan sebuah zat yang terkandung pada hampir semua jenis makanan, oleh karena itu langkah yang paling tepat untuk mengurangi asupan zat purin ke dalam tubuh anda dapat melakukan Diet Sehat Hindari Purin sebagai langkah awal dalam mengatasi peradangan pada sendi.

Perlu anda ketahui bahwa jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi diantaranya adalah sebagai berikut :


  •     Minuman beralkohol, seperti bir, wiski, tape, tuak dan semua jenis minuman hasil fermentasi lainnya
  •     jeroan, seperti usus, hati, otak, limpa, paru, babat dan jenis jeroan lainnya
  •     Ekstrak daging/Kaldu, seperti kaldu bebek, angsa dan burung.
  •     Sayuran dan buah tertentu, seperti bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mete, nanas, durian, alpukat dan air kelapa
  •     kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya, seperti kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah kering, taoge, tempe, tahu , oncom, tauco, dan susu kedelai
  •     Semua jenis makanan yang berbahan dasarkan melinjo

Selai semua jenis makanan yang harus dihindari yang telah disebutkan di atas, penderita penyakit radang sendi juga perlu menghindari semua jenis makana yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Bagi penderita penyakit radang sendi dianjurkan lebih memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh, seperti memperbanyak minum air putih karena air putih dapat membantu pembuangan hasil metabolisme purin dalam tubuh melalui cairan urin, makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita radang sendi adalah makanan yang memiliki kadar purin yang rendah namun harus memiliki kandungan kalori, protein, mineral dan vitamin yang cukup.

Jenis-jenis makanan yang memiliki kadar purin yang rendah adalah sebagai berikut:

    Sumber karbohidrat, seperti beras/nasi, jagung, ubi jalar dan kentang
    Ikana air tawar, seperti ikan mujair, gurame dan ikan mas
    Sayuran seperti pare, seledri dan takokak jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita radang sendi
    Semua jenis buah, terutama buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, namun ada beberapa jenis buah yang harus dihindari oleh para penderita penyakit radang sendi seperti durian, alpukat, nanas dan air kelapa, karena jenis buah-buahan ini di dalam usus akan difermentasi menjadi alkohol.

Agar memudahkan anda dalam mengatasi penyakit radang sendi, anda juga bisa memperbanyak mengonsumsi Jelly Gamat Luxor, jelli gamat merupakan ramuan herbal yang mampu mengatasi penyakit radang sendi secara cepat dan aman bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai pengobatan terhadap penyakit radang sendi Anda dapat simak selengkapnya pada => Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami

Demikian informasi yang dapat kami sajikan, mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi anda yang sedang mencari solusi pengobatan terhadap penyakit radang sendi.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...